Setting || Pasang internet di Laptop lewat Tethering atau Hotspot Pribadi di HP || Ponsel



Mendengar kata internet tentu bukan hal asing dan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari terutama dalam memperoleh informasi termutakhir. Penggunaan internet membutuhkan perangkat sebagai media yang terkoneksi jaringan khusus agar dapat digunakan selama 24 jam kapanpun dan dimanapun di seluruh dunia. Laptop, komputer, ponsel, tablet adalah perangkat media yang umum digunakan masyarakat untuk terhubung ke jaringan internet khususnya pengguna Ponsel/HP.

Bagi pengguna laptop atau komputer maka butuh perangkat modem tambahan agar bisa terkoneksi internet, biasanya yang umum dipakai adalah modem speedy/indihome dari telkom melalui sistem paket internet dengan tagihan yang wajib dibayarkan setiap bulan serta harga yang relatif tinggi, artinya jika tidak bayar bulanan otomatis jaringan internet akan terputus dan juga wajib membayar dahulu tagihan bulanan yang tertunda baru bisa kembali terkoneksi.

Jika tidak ingin terikat dengan kewajiban membayar internet setiap bulan, maka kita bisa menggunakan perangkat Ponsel/HP dengan membeli paket data internet kartu perdana tanpa harus terikat kewajiban membeli paket internet setiap bulan, artinya jika paket data kita habis maka koneksi akan terputus tanpa harus dipaksakan membeli paket, jadi bisa kita tunda dan bisa kita beli sewaktu-waktu jika butuh.

Saya pribadi lebih memilih gunakan paket data kartu perdana karena lebih murah, praktis, tidak teikat dan selain internetan di ponsel bisa juga internetan di laptop. Nah, untuk internetan di laptop sobat perlu mengaktifkan fasilitas Tethering atau Hotspot yang ada di HP/Ponsel. Hal yang utama adalah pastikan paket data diponsel kita aktif dan tentunya paket data masih ada.

Berikut ini adalah cara memasang internet di laptop menggunakan hotpost atau tethering via hp/ponsel:

Masuk ke menu pengaturan (setting) pada ponsel/hp, cari dan pilih menu yang berhubungan dengan kata-kata berikut ini:
  • Pilih menu [sambungan nirkabel/wireless connection], pilih [hotspot pribadi/personal hotspot], pilih [aktifkan hotspot pribadi/enable your personal hotspot].
  • Jangan lupa, pastikan hotspot kita telah di setting password agar tidak semua orang dapat mengakses internet dari ponsel kita tanpa izin, untuk itu lihat pada menu [Pengaturan hotspot pribadi/Personal hotspot setting]. Dimenu ini kita bisa mengganti nama dan password sebagai izin untuk akses jaringan internet via ponsel kita.

Gambar1: Belum terkoneksi internet


Gambar2: Sudah terkoneksi internet

Perhatikan pada gambar 1 dan gambar 2 di atas, setelah pengaturan hotspot selesai, selanjutnya kita aktifkan fasilitas Wifi pada Laptop untuk mencari koneksi internet yang aktif. Caranya:
  • Perhatikan di layar laptop bagian bawah, seperti pada gambar 1 di atas artinya koneksi internet belum tersambung, untuk menyambung ke internet maka klik icon yang saya lingkari kecil, pilih nama hotspot dan klik tombol connect. Masukkan password yang sudah di setting terlebih dahulu di menu pengaturan hotspot.
  • Tunggu beberapa saat, jika berhasil terkoneksi, maka dapat dilihat seperti gambar 2 di atas.
Cara di atas khusus untuk koneksi jaringan tanpa kabel yang bisa digunakan dari hp ke laptop atau dari hp ke hp lain melalui wifi. Sedangkan untuk komputer PC cara mengkoneksikan internet bisa menggunakan kabel USB ponsel. Caranya mudah:
  • Terlebih dahulu pasang kabel USB ke hp/ponsel lalu hubungkan ke laptop/komputer.
  • Kemudian masuk ke menu pengaturan hotspot pada ponsel seperti halnya cara di atas, hanya saja yang perlu kita aktifkan adalah menu [USB Tethering/Penambatan USB].
  • Jika sudah diaktifkan maka komputer akan membaca dan melakukan koneksi internet secara otomatis.
Nah sobat ku sekalian, hanya itu yang bisa saya jelaskan agar kita bisa internetan di laptop atau komputer PC melalui koneksi ponsel. Mohon maaf jika sulit di pahami dan semoga sukses.