Syarat Pembuatan SIM Mobil||Motor di Tulang Bawang Lampung



Sebagai warga negara yang baik sudah sepatutnya mematuhi tata tertib berlalu lintas, seperti halnya saya yeyeyeye ehems, kalau sudah berkendara baik motor maupun mobil tentu tidak lupa akan kelengkapan yang menjadi syarat wajib pengendara apalagi kalau perjalanan jauh, kalau semuanya lengkap perjalanan jadi mantap bakal buat polisi bersahabat, bukan begitu sobat.

Berdasarkan Pasal 77 ayat 1 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan jenis kendaraan bermotor yang dikemudikan.

Jadi, bagi sobat yang belum punya sim, yuuk segera buat sim dari sekarang karena kita tidak tahu kedepannya bisa saja untuk membuat sim menjadi sulit dengan adanya sistem baru yang lebih ketak. Eeiitt, saya sarankan janganlah lewat calo yaa.. polda dan polres siap melayani anda.

Nah untuk sobat yang tinggal di wilayah Pemerintahan Kabupaten Tulang Bawang, berikut ini saya beri tahu apa saja yang harus dilakukan jika mau membuat sim baru ataupun perpanjangan sim. Secara garis besar mungkin sama dengan daerah lain, yuuk simak.

MEMBUAT SIM BARU DI POLRES TULANG BAWANG

Mempersiapkan berkas persyaratan pembuatan sim baru
Agar tidak sia-sia sampai di polres tulang bawang, maka langkah awal yang harus sobat persiapkan adalah:
  1. Menyiapkan KTP Asli bagi WNI, dan bagi WNA menyiapkan Pasport / KIMS
  2. Membuat Surat Keterangan Sehat dari Dokter,  bahwa secara fisik sehat atau cacat, tidak buta warna, bisa menulis dan membaca.
  3. Membuat Surat Keterangan Sehat Rohani, artinya secara psikologis tidak ada masalah
  4. Menunjukkan ijazah/sertifikat mengemudi dari sekolah mengemudi sepeda motor  atau mobil.
Silahkan sobat baca juga di tautan ini "Batas Usia dan Jenis Pembuatan SIM Motor||Mobil"


Mengisi formulir pendaftaran sim baru
Setelah berkas persyaratan disetujui, selanjutnya silahkan sobat mengisi formulir pendaftaran dengan benar lalu berikan kembali ke petugas loket pendaftaran. Tunggu hingga nama sobat dipanggil kembali untuk mengikuti tes/ujian teori dan praktik

Ujian Teori
Untuk ujian teori pembuatan sim baru di polres tulang bawang saat ini sudah menggunakan tes/ujian teori secara online, artinya soal-soal yang diberikan dikerjakan menggunakan komputer online yang terhubung langsung ke pusat. Informasi yang saya peroleh bahwa untuk tata cara pengisian soal dan kisi-kisi soal bisa di pelajari melalui youtube atau browsing di internet. Jadi ujian teori di polres tulang bawang tidak lagi secara tertulis dan mungkin sudah berlaku juga di wilayah lain.

Ujian teori secara online memiliki bobot nilai kelulusan minimal nilai 70, jika nilai di bawah 70 maka dinyatakan tidak lulus dan diberikan kesempatan untuk mengulang kembali setelah tenggang waktu 7 hari, 14 hari, dan 30 hari. Jika lulus barulah dilanjutkan dengan ujian praktik.

Ujian Praktik
Sama halnya dengan ujian teori, jika tidak lulus diberikan kesempatan mengulang dengan tenggang waktu setelah 7 hari, 14 hari dan 30 hari.

Produksi dan Cetak SIM
Tahap ini dilakukan jika ujian praktik dinyatakan lulus, sobat akan di panggil kembali dan masuk ke dalam ruangan untuk pengambilan sidik jari, tanda tangan, dan Foto yang semua diproses menggunakan alat elektronik digital. Sobat akan di panggil kembali untuk menyelesaikan administrasi baru kemudian memperoleh sim yang telah selesai tercetak.

PERPANJANGAN SIM DI POLRES TULANG BAWANG

Perpanjangan SIM baru bisa sobat lakukan/usulkan sekurang-kurangnya sejak 14 hari (dua minggu) masa berlaku sim akan habis, artinya jika masa berlaku masih 15 atau 16 hari lagi maka sobat dianggap belum waktunya untuk perpanjangan sim. Jadi saya sarankan datanglah ke polres 10 hari atau 7 hari sebelum masa berlaku sim habis.

Masalah penting yang harus sobat pahami adalah jangan sekali-kali melakukan perpanjangan sim jika masa berlaku sim sudah habis atau lebih dari batas waktu, sebab apabila masa berlaku terlewatkan 1 (satu) hari saja maka sim sobat di anggap hangus dan diberlakukan kewajiban untuk membuat sim baru, artinya sobat akan mengumpulkan kembali syarat pemberkasan, ujian teori dan  praktik lagi yang tentunya pasti tidak diharapkan lagi. Ingat.. dan ingatlah...

Mempersiapkan syarat pemberkasan perpanjangan sim
Untuk melengkapi syarat perpanjangan sim di tulang bawang, maka yang perlu sobat lakukan adalah:
  1. Lebih dulu datang langsung ke gedung ganesa (lokasi tidak jauh dari polres)
  2. Siapkan KTP/SIM asli dan 2 lembar foto copy KTP
  3. Membayar sejumlah uang administrasi untuk pemeriksaan kesehatan dan mengikuti ujian psikologis tertulis
  4. Jika lulus sobat akan diberikan surat keterangan sehat dan surat bukti lulus ujian psikologis tertulis yang digunakan sebagai syarat perpanjangan sim
Mengisi formulir pendaftaran perpanjangan sim
Berkas syarat perpanjangan sim dari gedung ganesa dan juga kartu sim lama diserahkan ke bagian pendaftaran pelayanan sim. Tunggu beberapa saat hingga dipanggil kembali untuk mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar.


Produksi dan Cetak SIM
Setelah formulir pendaftaran diserahkan, tunggu sampai sobat di panggil masuk keruangan untuk pengambilan sidik jari, tanda tangan, dan Foto yang semua diproses menggunakan alat elektronik digital. Sobat akan di panggil kembali untuk menyelesaikan administrasi baru kemudian memperoleh sim yang telah selesai tercetak.