Cara Daftar dan Aktivasi SMS Banking BRI


SMS Banking merupakan sarana sistem bertransaksi melalui pesan singkat SMS, sama halnya Internet Banking bisa untuk cek saldo, transfer dan lainnya tetapi untuk SMS Banking memiliki kode SMS tertentu untuk melakukan transaksi menggunakan pulsa HP.

Penggunaan SMS Bangking agak sedikit repot, karena kita harus hafal kode SMS yang diketik dengan format tertentu dan tidak boleh salah. Jika anda tidak ingin repot mengetik dan menghafal kode SMS Banking tersebut anda bisa menggunakan aplikasi Mobile Banking di HP Android, tapi syaratnya HP anda harus ada kuota data internet dan juga Pulsa HP.

Sedikit berbeda dengan Internet Banking dimana system transaksinya menggunakan jaringan internet (online) dimana HP android anda sudah terpasang aplikasi internet banking dan memiliki kuota data, jadi internet banking tidak akan menggunakan pulsa HP.

SMS Banking
Sarana Transaksi menggunakan Pulsa HP dengan cara mengetik format dan kode SMS tertentu
Mobile Banking
Sarana Transaksi menggunakan kuota data dan pulsa pada HP tanpa mengetik format dan kode SMS (Sudah ada aplikasi bernama MOBILE BRI)
Internet Banking
Sarana Transaksi menggunakan kuota data internet (bukan pulsa) sudah ada aplikasi bernama MOBILE BRI.

Silahkan saja bisa download aplikasi MOBILE BRI di Playstore HP android anda. Jika anda sudah paham maka saatnya membahas cara Membuat dan aktifasi SMS Banking.

Simak Ya…!
Untuk membuat SMS banking tentu anda harus sudah membuat atau membuka rekening baru di Cabang BRI terdekat, jadi saya anggap anda sudah punya Buku Rekening dan Kartu ATM beserta Nomor PIN ATM yang menjadi rahasia pribadi anda. Jika anda belum membuat rekening baru, maka anda bisa baca tautan artikel ini : Membuat Rekening Baru Bank BRI Tabungan Simpedes dan Jenis Tabungan BRI

Pada saat anda membuat rekening baru biasanya pegawai CS BRI akan meminta dan menuntun kita untuk menentukan nomor telepon yang akan digunakan untuk mendaftarkan internet banking dan SMS Banking.

Untuk membuat SMS Banking anda harus mendaftarkan dan mengaktifkan terlebih dahulu nomor telepon yang akan digunakan untuk bertransaksi melalui sms banking. Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Datang ke loket mesin ATM terdekat
  2. Masukkan kartu ATM anda
  3. Pilih bahasa indonesia, jika paham boleh juga bahasa inggris
  4. Masukkan 6 (enam) digit PIN ATM anda
  5. Anda akan masuk ke menu utama, pilih menu transaksi lain
  6. Selanjutnya pilih menu Registrasi, kemudian pilih menu SMS Bangking
  7. Kemudian anda akan diminta untuk membuat PIN sebanyak 6 digit (kalau bisa buat PIN yang berbeda dengan PIN kartu ATM)
  8. Setelah semua proses berhasil, akan ada struk kertas yang keluar dari mesin ATM (silahkan anda ambil dan simpan struk kertas tersebut)
  9. Selesai sudah, SMS Banking anda sudah bisa digunakan. Jangan lupa ambil kartu ATM anda.
Catatan: Ingat!!! Pastikan nomor telepon yang digunakan adalah nomor telepon yang sudah anda daftarkan pada saat membuat/membuka rekening baru.