Membuat Rekening Baru Bank BRI Tabungan Simpedes


Membuat atau membuka rekening baru Bank BRI kita tinggal datang ke Kantor Cabang BRI terdekat sesuai domisili KTP, artinya BRI tersebut berlokasi sesuai KTP kab/kota setempat (inilah pengalaman saya tidak bisa membuat rekening baru BRI di kab/kota lain, alasan CS waktu itu karena terkait laporan pembukuan), Nah, bagaimana jika calon nasabah sedang berada/merantau diluar daerah, haruskah pulang kampung? Hello sob, seperti itu jugakah tempat kalian?.
Sebelum saya cerita pengalaman pribadi, berikut saya berikan Alur Pembuatan Rekening Baru Bank BRI:
  1. Mempersiapkan persyaratan
  2. Datang ke kantor cabang BRI terdekat
  3. Mengambil nomor antrian costumer service
  4. Duduk dan antri hingga nomor dipanggil
  5. Mengisi formulir pendaftaran
  6. Proses tanya jawab dan pendataan data calon nasabah
  7. Proses pembuatan dan penyerahan buku tabungan dan kartu ATM
  8. Melakukan transaksi pembayaran saldo awal tabungan di teller
  9. Selesai, pulang.

Dan berikut ini syarat yang mungkin perlu anda persiapkan sebelum datang ke Bank BRI:
  1. Foto Copy KTP, Kartu Keluarga 2 lembar (di daerah kalian mungkin ada yang cukup 1 lembar FC KTP saja)
    Siapkan kartu NPWP, Nomor Telepon HP
  2. Syarat tambahan khusus untuk tabungan simpedes badan usaha/kelompok usaha:
    Siapkan AD-ART
  3. Akta Pendirian
  4. Akta Perubahan Terakhir
  5. Dokumen Identitas Pengurus
Okeh lanjut, dari pengalaman akhirnya saya membuat rekening baru sebut saja di KCP BRI Panaragan Jaya Tulangbawang Barat Lampung sesuai domisili tempat tinggal saya. Syarat yang harus di bawa adalah FC Kartu Keluarga dan FC KTP sebanyak 2 (dua) lembar, untuk KTP Asli Elektrik dengan sendiri akan terdeteksi di sistem Bank BRI (Nb: Biasanya syarat ini berlaku juga di daerah lain, tetapi ada juga bank yang hanya meminta FC KTP sudah bisa buka rekening baru).

Setelah sampai di Bank BRI silahkan mengambil nomor antrian yang sudah disiapkan. Terkadang masih ada juga yang salah ambil nomor antrian, jadi saya ingatkan...! ambilah nomor antrian untuk bagian Customer Servise bukan Teller (jika bingung tanya pada satpam, Ok).

Biasanya sih nasabah BRI banyak, jadi terkadang sedikit harus bersabar untuk mengantri sampai nomor antrian kita di panggil atau disebut. Tapi semua akan terbayarkan ketika bertatap muka dengan pegawai yang sopan, santun, ramah dan penuh senyum (adakah di daerah kalian yang pegawainya menyebalkan?, haha..tenggelamkan!!).

Kita akan diberikan formulir pendaftaran, silahkan isi formulir tersebut sesuai data di KK dan KTP atau data terkait lainnya lalu berikan pada pegawai CS. Saat proses input data biasanya CS BRI akan memberikan beberapa pertanyaan terkait data pribadi seperti pekerjaan, penghasilan, nomor HP, NPWP dan lai-lain, silahkan di jawab dengan jujur.

Ada beberapa jenis tabungan BRI yang bisa anda pilih, antara lain:
  1. Tabungan BRI Simpedes
  2. Tabungan BRI Simpedes TKI
  3. Tabungan BRI Britama
  4. Tabungan BRI Britama Bisnis
  5. Tabungan BRI Britama Valas
  6. Tabungan BRI Britama Muda
  7. Tabungan BRI Britama Rencana
  8. Tabungan BRI Simpel
  9. Tabungan BRI Haji
  10. Tabungan BRI Junio
Untuk penjelasan dan syarat pembuatan tabungan BRI untuk 10 jenis tabungan di atas, silahkan anda klik tautan berikut ini : Mau Buat Tabungan BRI, ini Syarat dan Jenis Tabungan BRI (maaf, artikel sementara ditunda)

Dari 10 Jenis tabungan BRI di atas, saya hanya membahas salah satu jenis tabungan dimana dalam hal ini saya memilih Tabungan Simpedes untuk perorangan/pribadi karena setoran untuk saldo awal paling rendah yaitu Rp. 100.000. Selain itu jenis tabungan simpedes ada program kopun undian berhadiah yang diadakan setiap 6 (enam) bulan sekali, dimana nilai untuk satu kuponnya adalah Rp. 100.000 (jika saldo kita 1 juta, maka dapat 10 kupon), tapi program ini berlaku hanya untuk nasabah yang tinggal di daerah sesuai domisili KTP, ”begitulah kata pegawai customer servise saat saya buat rekening”.

Setelah semua proses pendataan selesai maka buku tabungan dan kartu ATM akan disiapkan CS. Tapi sebelumnya kita akan dituntun untuk membuat PIN untuk kartu ATM. PIN ATM berjumlah 6 Digit angka, jadi pastikan anda menentukan PIN yang mudah di ingat dan rahasia (nanti anda akan dituntun oleh Pegawai CS Bank).

Selain itu, jika anda ingin juga membuat SMS Banking dan Internet Banking maka silahkan anda ajukan juga kepada pegawai customer service. Apa itu Internet Banking dan SMS Banking? Jika anda belum tahu coba deh klik dan baca tautan di bawah ini:

Terakhir, anda akan diberikan buku tabungam dan kartu ATM untuk kemudian menuju kebagian Teller dan melakukan transaksi pembayaran saldo awal tabungan simpedes. Selesai, silahkan anda bawa butab, kartu atm, dan bukti setoran saldo awal untuk di simpan dan dipergunakan seperlunya, atau sepuasnya juga boleh..hehe.. salam frens alimahost, semoga bermanfaat. Terimakasih.