Pengumuman Pendaftaran CPNS 2018 Resmi Dibuka???



September, 2018. Lampung Ruwajurai
"Akhirnya pengumuman resmi pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 resmi dibuka serentak di seluruh indonesia", itulah berita yang beredar di media terutama media online. Jangan salah menafsirkan karena ada yang mengatakan dibuka mulai tanggal 16-20 September dan ada pula yang mengatakan dibuka mulai tanggal 19 September 2018.

Kepastian Informasi yang saya peroleh berdasarkan selebaran hasil Siaran Pers tanggal 06 September 2018 Nomor: 021/RILIS/BKN/IX/2018 dimana telah dilaksanakan Rakornas Pengadaan CPNS oleh BKN bersama KemenPAN-RB di Hotel Bidakara Jakarta bahwasannya Pendaftaran akan dibuka 19 September 2018 yang dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional via http://sscn.bkn.go.id diseluruh indonesia dan tidak ada portal mandiri memalui instansi.

Namun sepertinya calon pelamar harus sedikit bersabar lagi, info terakhir ini adalah portal resmi sscn.bkn.go.id sudah bisa dibuka tetapi menu registrasi laman sscn menyatakan "Pendaftaran CPNS Belum di Buka, info lebih lanjut dapat di lihat di Portal BKN www.bkn.go.id". Jadi, kita tunggu saja ya, semoga segera bisa dibuka.

Perlu sobat pahami, bahwa Formasi yang akan di perebutkan oleh pelamar berjumlah 238.015 yang terdiri dari 51.271 untuk Instansi Pusat yaitu 76 Kementerian/Lembaga dan 186.744 yang terbagi untuk 525 Instansi Daerah, demikian yang di sampaikan oleh Kepala BKN Bima Haria Wibisana selaku Ketua Pelaksanaan Seleksi Nasional CPNS melalui laman resmi MENPAN-RB tanggal 06 September 2018.





Jadi untuk para sobat alimahost yang sudah tidak sabaran mau mendaftar masih ada waktu untuk mempersiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan untuk melamar sebagai CPNS 2018 melalui portal resmi sscn.bkn.go.id sebagai langkah awal pendaftaran secara online. Untuk mengetahui apa saja persyaratan yang dibutuhkan sobat bisa buka tautan ini "Persyaratan penerimaan CPNS 2018 hal wajib yang perlu anda ketahui"

Ingat, tidak ada portal lain yang digunakan selain portal sscn.bkn.go.id media satu-satunya tempat kita untuk mendaftarkan diri secara online sebagai calon peserta seleksi penerimaan CPNS 2018 (laman tiada duanya), portal  tersebut biasanya sekaligus berisi informasi tentang formasi, persyaratan, seleksi, tes dan lain-lainnya.

Dilansir dari laman resmi BKN bahwa penerimaan dan pendaftaran CPNS 2018 mekanismenya dilakukan secara terpusat dan terintegrasi. Kedua poin ini dijabarkan oleh Iwan Hermanto selaku Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian. Di laman resmi BKN tersebut, beliau menyampaikan bahwa seluruh pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) hanya akan dilakukan melalui seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT BKN) yang akan di selenggarakan BKN selaku PANSELNAS.

Lanjut menurut beliau bahwa pendaftaran CPNS akan dilakukan terintegrasi melalui portal nasional via http://sscn.bkn.go.id dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh instansi, jadi alur pendaftaran CPNS akan lebih singkat sehingga memudahkan pelamar dalam pendaftaran satu pintu.

Jadi sobat alimahost, rajin-rajin ya pantengin alamat portalnya sscn.bkn.id. Jangan lupa baca juga "Foto Selpie bareng E-KTP salah satu syarat pendaftaran peserta CPNS 2018" Benarkah?