Pendaftaran Online P3K/PPPK, Siapkan Data Ini!!


Pada tahap pertama rekruitmen calon ASN sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahun 2019 di khususkan untuk Tenaga Pendidik Honorer Eks-K2, Tenaga Kesehatan Honorer Eks-K2, Guru/Dosen Kemenag Honorer Eks-K2, Tenaga Penyuluh Pertanian yaitu Tenaga Harian Lepas dan Tenaga Bantu (THLTB). Klik di sini Lihat PersyaratanPeserta P3K.

Proses pendaftaran online tahap pertama untuk peserta P3K dengan kategori yang disebutkan di atas dibuka sejak tanggal 12 Februari 2019 sampai 17 Februari 2019 pukul 24.00 WIB. Semoga masih ada kesempatan bagi yang belum sempat mendaftar, dan untuk P3K Honorer Umum harap bersabar, tunggu tanggal mainnya.

Bagi anda yang punya laptop/komputer dan jaringan internet baik lewat modem speedy atau paket data di HP bisa nih daftar sendiri tanpa harus ke warnet atau perantara orang lain, hemsz biar irit dikit yaa. Jadi sebelum mendaftar pastikan laptop/komputer anda sudah terkoneksi jaringan internet. Caranya anda bisa klik disini : Setting|| Pasang Internet di Laptop lewat Tethering atau Hotspot HP/Ponsel

Sebelum mendaftar secara online pastikan bahwa nama anda sudah terdaftar di BKN atau bisa dilihat/minta di BKD Kab/Kota/Propinsi setempat. Pastikan juga anda sudah memiliki akun email yang masih aktif boleh akun Gmail atau Yahoo. Jika belum punya silahkan buat akun email terlebih dahulu.

Jika sudah yakin bahwa nama anda keluar/terdaftar di BKN/BKD maka di bawah ini ada beberapa hal yang harus dipersiapkan pada saat input data dan berkas pendaftaran pada laman resmi sscasn. Yuk simak selengkapnya berikut ini:

Menyiapkan Berkas data sebelum mendaftar Online
Sebelum mendaftar secara online sebaiknya anda mempersiapkan berkas data berikut ini:

  1. KTP di scane dalam bentuk file JPG/JPEG dengan ukuran maksimal 200 KB
  2. Pas Photo 3x4 latar belakang merah dalam bentuk file JPG/JPEG ukuran maksimal 200 KB
  3. Surat lamaran di tulis tangan menggunakan tinta hitam dan bermaterai di scaning dalam bentuk file PDF dengan ukuran maksimal 300 KB
  4. Ijazah asli lulusan terakhir di scane dalam bentuk file PDF dengan ukuran maksimal 500 atau 700 KB
  5. Transkrip Nilai Asli di scane dalam bentuk file PDF dengan ukuran maksimal 500 KB, jika ada lebih dari satu halaman maka tetap dijadikan satu file PDF dengan ukuran tersebut.
  6. Data dokumen pendukung lainnya seperti : Sertifikat Akreditasi BAN PT dan Jurusan, STR untuk tenaga kesehatan, Sertifikat pendidik untuk Guru semua di scane dan dijadikan satu File dalam bentuk PDF dengan ukuran maksimal 700 KB.
  7. Surat Keterangan masih aktif mengajar/bertugas pada instansi dinas/sekolah terkait (Klik di sini untuk lihat minimal waktu bertugas)
  8. Hasil swafoto yaitu peserta berfoto sambil memegang KTP asli dan Kartu hasil pendaftaran akun SSCASN. Contoh seperti saat CPNS 2018 bisa lihat di sini


Membuka Alamat Website
Pendaftaran P3K secara online dapat di akses melalui laman resmi sscasn menggunakan browser seperti Chrome, Mozilla Firefox, Safari dimana browser yang digunakan haruslah update terbaru. Silahkan anda ketik alamat: https://sscasn.bkn.go.id atau bisa juga ketik alamat https://ssp3k.bkn.go.id/ atau bisa juga langsung ketik alamat: https://ssp3k.bkn.go.id/akun

Tahap Pertama: Pendaftaran Akun SSP3K
Langkah Ke-1: Pengecekan Identitas
Langkah pertama pada halaman ini anda ditugaskan untuk memasukkan:
Nomor Identitas Honorer yaitu Nomor Peserta Ujian THK2/Nomor Identitas THLBT/Nomor Identitas Dosen PTNB. Nomor ini bisa ditanyakan di BKD Kab/Kota setempat, harus di isi tanpa spasi, tanpa tanda strip.
Tanggal Lahir Peserta yaitu di isi sesuai dengan Data Honorer yang terdaftar pada THK2 BKN/THLTB Kementerian/Dosen PTNB Kemenristekdikti. Format pengisian tanggal lahir adalah : tt-bb-yyyy contoh: 31-12-1980
Nomor Induk Kependudukan dimana NIK pada KTP pastikan sudah terdaftar di disdukcapil
Nomor Kartu Keluarga/NIK Kepala Keluarga, dimana data ini juga harus dipastikan terdaftar di disdukcapil, sebab banyak kejadian bahwa NIK di KTP tidak sesuai dengan yang ada di Kartu Keluarga. Lakukan pengecekan segeeera.

Langkah Ke-2: Melengkapi Data
Langkah kedua pada halaman ini (pendaftaran akun SSP3K) merupakan lanjutan dari langkah pertama dimana anda ditugaskan untuk memasukan:
Nama Lengkap tanpa gelar sesuai yang tertulis pada ijazah, Tempat lahir sesuai Kab/Kota, Tanggal lahir sesuai yang tertulis pada ijazah, Jenis Kelamin. Dilanjutkan memasukkan email yang masih aktif, membuat password (pastikan pasword yang dibuat tidak mudah lupa, sebaiknya dicatat agar tidak lupa), menentukan/membuat pertanyaan keamanan akun dan di jawab, terakhir mengupload Pas Photo ukuran 3x4 latar belakang merah dengan ukuran minimal 120 Kb dan maksimal 200 Kb.

Jika tahap pertama pembuatan akun sukses dilakukan, maka silahkan anda mendownload dan mencetak kartu bukti pendaftaran yang nanti akan digunakan untuk membuat swafoto bersama KTP.

Tahap Kedua: Upload Hasil Swafoto
Untuk masuk ke tahap ini anda harus login terlebih dahulu dengan memasukkan NIK KTP dan Password yang dibuat saat pendaftaran tahap pertama. Silahkan anda unggah/upload file swafoto (foto memegang KTP dan kartu bukti pendaftaran)

Tahap Ketiga: Mengisi biodata dan Formasi
Biodata yang di isi berupa alamat domisili, tinggi badan, status perkawinan, nomor telepon dan lain-lain. Sedangkan formasi adalah pilihan jenis formasi, jabatan, instansi dan lainnya.

Tahap Ke-empat: Upload Dokumen
Pada tahap ini anda disuruh meng-upload semua file data baik JPG dan PDF yang menjadi syarat pendaftaran P3K/PPPK seperti contoh yang sudah saya jabarkan di atas.

Demikian kiranya yang bisa saya sampaikan, berharap artikel kali ini bisa memberikan gambaran kepada frens alimahost dalam menentukan dan mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan pada saat pendaftaran online P3K tahun 2019. Jika ada kekurangan kami mohon maaf, semoga sukses.